Sunday, October 22, 2017

16 Contoh Teks Eksplanasi | Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya


Contoh Teks Eksplanasi - Pengertian Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang di dalamnya memuat tentang proses terjadinya suatu peristiwa yang berkaitan dengan ‘mengapa’ dan ‘bagaiman’ kejadian-kejadia alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.  Suatu peristiwa yang terjadi baik itu peristiwa alam maupun peristiwa seosial yang terjadi di sekitar kita, semua peristiwa tersebut selalu memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses dalam kejadiannya. Suatu kejadian yang terjadi di sekitar kita, tidak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, tetapi juga untuk kita pelajari. Kita dapat mempelajari kejadian tersebut, misalnya dari segi mengapa dan bagaimana bisa terjadi.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli

Eksplanasi berasal dari bahasa asing (Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan (The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651). Pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Sedangkan Restuti (2013:85) mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.
pengertian teks eksplanasi

Teks ini disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada. (Mahsun, 2013: 189).

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki memiliki tiga struktur yang terdiri dari : pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi ( opsional ). Untuk lebih jelasnya simak pernyataan di bawah ini :

Struktur Kebahasaan Teks Eksplanasi (Explanation Text)

  • Pernyataan umum, berisi statemen atau penyataan umum tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaanya, proses terjadinya, atau proses terbentuknya.
  • Urutan Sebab Akibat, berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan atau proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  • Interpretasi (Opsional), Teks penutup yang bersifat pilihan; bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut (Mahsun, 2013)

 Skematik Eksplanasi

  • General Statement,: Yang di dalamnya memuat satu statemen umum tentang suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dsb. Pembuatannya harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, supaya mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca sampai ke detailnya.
  • Sequence of explanations : Yang di dalamnya memuat tentang detail dan penjelasan mengenai proses keberadaan, proses terjadi. Dan sangat relatif untuk menjawab pertanyaan how, yang jawabannya berupa statemen atau declarative sentence. Penggunaannya sendiri sequence markers sangat dimungkinkan untuk mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, berikutnya dan terakhir.
  • Closing : Yang di dalamnya memuat kesimpulan atau statemen tentang topik/proses yang dijelaskan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Perlu di ingat Teks eksplanasi memiliki jumlah ciri-ciri yang sama dengan jumlah strukturnya yakni ada 3 agar dapat mempermudah kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks jenis lainnya. Berikut ini adalah penjelasannya :
  • Penyataan umum, urutan sebab akibat, Dimana pernyataan umum mrnjadi gambaran pertama dengan sifat yang umum.  Deretan penjelasan (eksplanasi) merupakan inti penjelasan apa yang disampaikan.
  • Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).
  • Faktualnya itu memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains dan yang lainnya.
  • Bersifat informative dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal yang dibahas di dalam teks.
  • Memiliki / menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi pada umumnya memiliki ciri bahasa sebagai berikut.
  • Fokus pada hal yang bersifat umum (generic), bukan atas campur tangan manusia (nonhuman participants), misalnya fenomena alam yang terjadi di sekitar kita.
  • Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah.
  • Lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Tujuan Teks Eksplanasi

Eksplanasi digunakan untuk memperhitungkan mengapa sesuatu menjadi seperti itu. Eksplanasi lebih merupakan proses-proses daripada tentang sesuatu.



Contoh Teks Eksplanasi Sosial 

Kemiskinan

Pernyataan Umum

Kemiskinan merupakan tingkat pendapatan masyarakat yang rendah sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari (makan, tempat tinggal, pendidikan, dan lainnya). Umumnya masyarakat miskin biasa tinggal di gubuk, kolong jembatan, bantaran kali.

Tak jarang masyarakat miskin membangun sendiri rumah di atas tanah milik Negara. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang yang mempunyai masalah ini, kemiskinan.

Urutan Sebab Akibat

Kemiskinan terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yaitu keterbatasan kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bangkrut, musibah, perbudakan, struktur sosial juga menjadi faktor penyebabnya.

Struktur sosial dan perilaku menjadi dominasi faktor masalah kemiskinan. Perilaku konsumtif, gengsi, pengeluaran uang tidak sesuai dengan pemasukan juga termasuk. Faktor struktur sosial mengarah kepada masalah turun temurun (terutama masalah pendidikan orang miskin).

Perilaku gengsi, sehingga masyarakat lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan.
Dibalik itu, banyak usaha yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Contohnya yaitu menaikkan upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, pendidikan gratis, tempat tinggal dengan harga terjangkau.

Hal itu harus didukung dengan perilaku masyarakat yang tidak menghamburkan uang, menghindari gengsi, menabung, dan membantu orang di sekitarnya. Sehingga kerjasama masyarakat dan pemerintah sangat menentukan demi mengatasi kemiskinan.

Interpretasi

Seharusnya di Indonesia tidak perlu ada kemiskinan. Jika kita bisa dan mau menerima serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Sifat-sifat buruk seperti yang disebut diatas harus kita hilangkan, dan kerjasama pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menghilangkan kemiskinan di Indonesia. ( yuksinau.id )
Pengangguran

Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Seperti sebuah penyakit, yang secara kronik menyerang segi kehidupan bermasyarakat. Sudah banyak formula penanganan yang diambil, namun permasalahan ini belum juga tuntas. Bukan hanya di Indonesia, permasalahan pengangguran ini ditemukan dihampir semua negara. Setiap pemerintahan di dunia, menjadikan masalah penggangguran menjadi agenda utama.

 Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak mendapatkan penghasilan. Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) secara spesifik memberikan definisi tentang pengangguran yaitu; orang-orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggu.
Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran.

Pengangguran biasanya terjadi karena adanya kesenjangan antara pencari kerja dan kesempatan kerja. Pangangguran juga dapat sebabkan oleh adanya perubahan struktural dalam perekonomian. Perubahan ini menimbulkan kebutuhan terhadap tenaga kerja dengan jenis atau tingkat keterampilan yang berbeda. Sehingga, kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja tidak sesuai dengan tuntutan yang ada. Dan yang sering juga terjadi adalah pengangguran yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan dan buruh.

Akibat terjadinya pengangguran, yaitu menimbulkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial bagi yang mengalaminya. Orang yang tidak mempunyai mata pencaharian juga tidak mendapat penghasilan, dan yang tidak berpenghasilan tidak dapat membelanjakan uang untuk membeli barang kebutuhan hidup. Bila jumlah penganggur banyak pasti, akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat pesat, selanjutnya berpotensi menimbulkan kriminal.

Dari seluruh uraian di atas, maka sudah jelas bahwa pengangguran adalah masalah besar yang harus segera dicarikan solusi. Langkah nyata yang dapat ditempuh adalah dengan memperbaiki kondisi lapangan kerja. Dengan semakin baiknya kondisi lapangan kerja, kekerasan sosial akibat pengangguran bisa dikurangi atau diatasi. Disamping itu, memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Langkah yang lebih baik lagi adalah jika kita mampu memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka usia kerja sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Semua langkah ini harus segera kita ambil agar masalah pengangguran segera terselesaikan

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Penindasan

Penindasan atau bullying adalah suatu tindakan kesewenang-wenangan antara pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lemah. Tindakan tersebut bisa berupa kekerasan, ancaman, atau paksaan yang bersifat memaksa dan mengintimidasi. Budaya penindasan dapat berkembang di mana saja dan bisa menimbulkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik.

Perilaku penindasan atau bully sudah muncul di usia sekolah. Biasanya pelaku memiliki ciri tidak mudah takut dan memiliki motif tertentu. Umumnya motif perilaku penindasan ini karena sikap agresifitas.

Namun bisa juga karena perasaan rendah diri yang kemudian ditutupi dengan sikap perilaku penindasan sebagai bentuk pertahanan diri. Dan yang biasanya terjadi, korban penindasan ini kelak menyimpan dendam dan menjadi pelaku penindasan kepada kelompok lain.

Tindakan penindasan bisa terjadi karena kurang terbukanya seseorang terhadap masalah yang sedang dihadapi sehingga melampiaskannya dengan cara yang salah. Hal tersebut bisa karena ia malu atau karena tidak ada orang yang bersedia mendengarkannya. Entah karena terlalu sibuk atau memang tidak mau peduli.

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Bahaya Rokok

Rokok adalah gulungan tembakau yang dibungkus dengan daun nipah atau kertas. Ukuran rokok bisa bervariasi, ada yang 70 hingga 120 mm dengan diameter kira-kira 10 mm. Rokok dibakar pada salah satu ujung dan dihisap dengan ujung lainnya agar asapnya bisa dihirup lewat mulut.

Saat ini pemerintah tengah gencar menggalakkan tentang bahaya rokok yang ditulis di setiap bungkusnya. Rokok memang dapat menimbulkan masalah kesehatan, antara lain menyebabkan kanker, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut dikarenakan dalam sebatang rokok terdapat sangat banyak zat berbahaya. Seperti nikotin yang mengakibatkan kecanduan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku, dan mengeraskan dinding arteri.

Secara kasatmata nampak bahwa paru-paru perokok perlahan-lahan akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Belum lagi masalah kesehatan lain serta pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh rokok. Karena itu kesadaran akan bahaya rokok harus semakin ditingkatkan. 

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Sampah

Pernyataan Umum :

Sampah merupakan barang atau benda yang sudah tidak digunakan lagi, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat disekitar. Sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.
Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai seperti sayuran, daun-daun kering, dan sisa-sisa makanan. Sampah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik, botol, kaleng, dan sebagainya. Salah satu untuk meminimalisir, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah benda yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Sampah merupakan salah satu fenomena yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah mulanya terlihat biasa berserakan di sekitar kita, namun sampah tersebut memeberikan dampak yang besar. Seperti sarang penyakit, banjir, dan tanah longsor.
Sampah yang dibiarkan menumpuk akan mendatangkan bau yang tidak sedap sehingga akan mencemari udara yang nantinya akan mendatangkan penyakit seperti muntaber, dan DBD

Selain itu sampah juga dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Sampah yang dibuang ke sungai secara terus-menerus, akan membuat air sungai menjadi sulit mengalir, dan lama-kelamaan air sungai meluap.
Apabila banjir, tentu saja akan menyulitkan kita untuk beraktivitas dan bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

Interpretasi :

Banyak sekali dampak yang dapat dirasakan jika kita selalu membuang sampah sembarangan. Untuk itu, kita sebagai makhluk sosial yang menginginkan kesejahteraan, marilah bersama-sama untuk menjaga lingkungan.
Dimulai dari hal yang paling kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan sampah anorganik dapat diolah kembali untuk menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. ( sahabatnesia.com )

Angin Puting Beliung

Angin puting beliung adalah fenomena alam berupa putaran angin yang sangat kencang dan membentuk hubungan antara cumulonimbus dengan tanah. Dalam beberapa kejadian yang cukup langka terjadi hubungan antara dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Biasanya angin ini berbentuk corong kondensasi dengan ujung menyempit menyentuh bumi dan dikelilingi awan yang membawa puing-puing.

Angin puting beliung terjadi karena bentrokan antara udara panas dan dingin. Selain itu adanya arus udara yang naik ke atas secara kuat di dalam awan. Biasanya angin puting beliung terjadi ketika musim pancaroba.

Angin puting beliung dapat mengakibatkan kerusakan karena dapat merobohkan dan membawa apa saja yang dilewatinya. Ditambah lagi angin puting beliung sering terjadi bersamaan dengan petir dan hujan deras. Dalam setahun ada banyak kerugian jiwa dan materiil karena angin puting beliung.

Gunung Meletus

Pernyataan Umum :

Gunung meletus merupakan fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma pada perut bumi dan disemburkan oleh gas yang memiliki kekuatan tinggi. Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat.
Walaupun begitu, gunung berapi terbentuk oleh letusan yang sangat dahsyatnya itu. Beberapa gunung berapi di Indonesia adalah Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Toba, Gunung Kerinci, Gunung Tambora, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Hampir semua aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif karena berhubungan langsung dengan batas lempeng bumi. Fenomena gunung meletus diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu yang signifikan.
Sehingga mampu melelehkan material batuan di sekitarnya itu, yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar. Magma akan mengintrusi material yang berada disekitarnya melalui rekahan-rekahan yang mendekati permukaan bumi.

Magma dibentuk melalui suhu yang sangat panas di dalam perut bumi. Pada kedalaman yang relatif, suhu yang sangat tinggi mampu melelehkan seluruh material yang ada didalam perut bumi.
Pada saat material-material ini meleleh maka akan menghasilkan gas yang nantinya akan bercampur dengan magma tersebut. Magma yang akan dikeluarkan oleh gunung meletus terbentuk pada kedalaman kurang lebih 60 sampai 160 KM dibawah permukaan bumi.

Kemudian magma yang mengandung gas, berada dibawah tekanan batu-batuan padat yang terdapat disekitar kawah. Tekanan ini menyebabkan magma meletus dan bergerak keluar menuju permukaan bumi.
Gas dan magma ini bersamaan meledak dan membentuk lubang yang biasa disebut dengan lubang utama. Sebagian besar magma dan material vulkanik lainnya kemudian menyembur melalui lubang utama ini.

Setelah semburan berhenti, kawah yang menyerupai mangkuk ini biasanya terbentuk pada bagian puncak gunung berapi. Sementara itu, lubang utama berada di dasar kawah tersebut.
Dampak dari letusan gunung berapi terhadap lingkungan dapat berupa dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak negatif dari letusan gunung berapi adalah berupa bahaya langsung yang dapat dirasakan oleh manusia dan makhluk hidup yang lainnya.

Seperti awan panas, gas beracun, debu vulkanik, dan jatuhan piroklastik yang keluar dari gunung berapi tersebut. Sedangkan bahaya yang tidak langsung setelah erupsi berakhir adalah terjadi hujan lahar, rusaknya lahan pertanian dan perkebunan, serta ancaman berbagai penyakit seperti penyakit saluran pernapasan.
Adapun dampak positif yang dapat dirasakan adalah lahan yang subur, material yang keluar dari perut bumi dapat dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat, energi panas bumi, areal wisata alam, dan sumber daya air.

Interpretasi :

Oleh karena itu, sampai saat ini gunung berapi masih menjadi sebuah momok yang mengerikan untuk masyarakat. Karena kedahsyatan letusan gunung berapi mampu membelah pulau dan membentuk danau. ( sahabatnesia.com )
Pelangi

Pelangi merupakan suatu fenomena alam yang berupa busur spketrum besar. Pelangi dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi yang tampak di langit atau medium lainnya berupa cahaya beraneka warna saling sejajar. Selain terlihat di langit setelah hujan ringan, pelangi juga bisa muncul di air terjun.

Pelangi terlihat karena adanya pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Hal tersebut juga terjadi pada efek cahaya lainnya, misalnya warna kemerahan pada langit ketika matahari terbenam.

Karena merupakan efek pembiasan cahaya, maka pelangi tidak akan terlihat ketika malam hari atau saat sedang mendung.

Pelangi hanya akan nampak apabila antara pengamat dan hujan yang bersamaan dengan matahari yang bersinar berada di sisi yang berlawanan. Antara pengamat, matahari, dan pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Jika tidak demikian maka pelangi tidak dapat terlihat.

Angin Puting Beliung

Angin puting beliung adalah fenomena alam berupa putaran angin yang sangat kencang dan membentuk hubungan antara cumulonimbus dengan tanah. Dalam beberapa kejadian yang cukup langka terjadi hubungan antara dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Biasanya angin ini berbentuk corong kondensasi dengan ujung menyempit menyentuh bumi dan dikelilingi awan yang membawa puing-puing.

Angin puting beliung terjadi karena bentrokan antara udara panas dan dingin. Selain itu adanya arus udara yang naik ke atas secara kuat di dalam awan. Biasanya angin puting beliung terjadi ketika musim pancaroba.

Angin puting beliung dapat mengakibatkan kerusakan karena dapat merobohkan dan membawa apa saja yang dilewatinya. Ditambah lagi angin puting beliung sering terjadi bersamaan dengan petir dan hujan deras. Dalam setahun ada banyak kerugian jiwa dan materiil karena angin puting beliung. ( bagi-in.com )

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa alam berupa gerakan bergelombang atau getaran pada kulit bumi yang bisa terjadi karena pergerakan lempeng bumi maupun letusan gunung berapi. Untuk gempa yang disebabkan pergerakan lempeng bumi disebut dengan gempa tektonik. Sedangkan gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi disebut gempa vulkanik.

Ada banyak kerugian yang ditimbulkan oleh gempa bumi berskala besar. Diantaranya hancurnya bangunan-bangunan yang kurang kokoh sehingga menimbulkan korban jiwa. Gempa bumi juga bisa menyebabkan trauma bagi korbannya.

Dilihat dari penyebabnya, gempa bumi memang tidak bisa diprediksi dan tidak mengenal musim. Karena itu setiap orang harus lebih waspada dan mampu mengantisipasi akibat dari gempa bumi. Misalnya berlari ke arah lapangan jika gempa terjadi dan melindungi kepala agar terhindar dari benturan.


semoga bermanfaat :)
source : materikelas
rewrite bye me

2 komentar

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon